Ketika Maut Menjemput

Entah kenapa tiba-tiba siang tadi ingin bezoek seorang ex-teman kerja di Papua, yang sedang dirawat di RS di Jogja. Sampai RS ada sedikit kepanikan, rupanya kondisi pasien sedang kritis. Langsung dipindah ke ICCU, dilakukan bantuan pernafasan, ditalkin oleh anak-anaknya, saya bacakan Yasin, hingga akhirnya semua grafik di monitor menjadi garis datar…

Tuhan seperti sedang mengingatkanku, disuruh-Nya aku datang ke RS menyaksikan detik-detik sakaratul maut…

***

Tentang almarhum teman saya itu, 10 hari yll sempat bikin geger di kampungnya. Sudah dinyatakan “meninggal dunia”, tenda dipasang, karangan bunga dipesan, sanak-keluarga dan tetangga berkumpul. Namun beberapa jam kemudian “hidup lagi”. Dan hari ini teman saya itu benar-benar meninggal dunia, kembali kepada Sang Pemilik Kehidupan, Allah swt.

Entah apa yang sesungguhnya terjadi. Yang pasti kematian akan menepati janji datang menghampiri, sekarang atau nanti…

***

Agak sore saya tiba lebih dahulu ke makam Depokan, Kotagede. Mbah Sapon sang penjaga masjid depan makam membukakan pintu masjid saat saya mau sholat ashar. Segelas teh panas lalu disuguhkan. Seolah tahu perut saya belum terisi sejak siang tadi.

Ngobrol dengan mbah Sapon dan mbah Darminto sang penggali kubur, seperti ada nuansa kebahagiaan, saat berhasil menyiasati obrolan untuk sekedar membuat agar mereka bisa tertawa lepas dengan kisah-kisah masa lalu.

***

Seruan adzan maghrib mengiringi saat jenazah tiba di samping liang kubur. Pemakaman pun terhenti sesaat, untuk dilanjutkan usai adzan. Cahaya masih cukup terang untuk menurunkan jenazah, meletakkan pada posisinya dan membuka ikatan kain kafan. Ritual pemakaman segera dituntaskan dengan doa.

Dalam keremangan senja, liang lahat ditimbun, bunga ditaburkan, langkah terakhir pengantar jenazah pun meninggalkan pemakaman, dan itu bukan langkahku…

(Selamat jalan Bp. Purbo Suwarto, 78 tahun, ex-karyawan PT Freeport Indonesia)

Yogyakarta, 30 Mei 2011
Yusuf Iskandar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: