Mendadak Bikin Kolam Koi

Nampaknya ibunya anak-anak sudah tidak sabar, kebelet ingin memiliki kolam ikan koi di halaman depan rumah. Padahal sudah kupesan agar agak bersabar karena tidak sesederhana yang dibayangkan. Biar saya pelajari dulu seluk wal-beluknya karena saya belum memiliki ilmunya. Tapi keukeuh saja.

Di pikirannya: “Seberapa susahnya sih bikin kolam berbentuk kotak lalu diisi air?”. Disangkanya seperti bikin bak mandi… Ya ada benarnya juga sih, seberapa sulitnya kah?

***

Akhirnya, dipanggilnya sendiri tukang batu, diminta membuat kolam. Tukangnya ya senang-senang saja wong diberi pekerjaan. Tadinya mau kucuekin saja, terserah mau jadi kolam ikankah, kolam renangkah… Tapi kupikir-pikir lagi, kalau nanti kolamnya ada masalah, saya juga yang repot. Terpaksa, huuuhh.., turun tangan juga.

Segera saya lakukan riset di internet tentang ikan koi dan desain kolamnya. Seorang saudara pun saya hubungi untuk konsultasi. (Nuwun untuk Om Hanif).

***

Seharian tadi harus mengawasi tukang yang mulai menggali-gali tanah untuk kolam, mengatur-atur ukurannya, batasnya, dsb. Pada saat yang sama mencorat-coret rancanganya, menghitung kebutuhan bahannya, mempelajari referensi dan konsultasi dengan seorang yang sudah pengalaman. Praktis tidak ada pekerjaan berat yang sebenarnya saya lakukan, tapi kok terasa capek juga… Tapi kenapa harus dipikir sendiri?

***

Ya, itu masalahnya. Ibunya anak-anak ini telanjur yakin bahwa itu bukan hal rumit. “Tinggal bikin saja, kalau harus dikuras ya kuras saja…”, pikirnya.

Weleh..! Karena sudah terbayang nantinya saya juga yang bakal repot, maka saya perlu membuat kriteria. Pertama: didesain untuk ikan koi. Kedua: sejarang mungkin dikuras. Ketiga: instalasi kabel listrik, pipa-pipa dan sirkulasi air rapi. Keempat: estetika terjaga. Maka jelas tidak sesederhana membuat bak mandi…

Yogyakarta, 23 Mei 2011
Yusuf Iskandar

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

