Biji Saga, Jejamuran Dan Malam Waisak

(1)

Malam ini ketemuan dengan sahabat saya dari Jakarta. Beliau jauh-jauh dari Jakarta membawa empat butir biji tanaman saga (tanaman herbal untuk obat batuk). Saya pun merasa perlu untuk menyempatkan bertemu, daripada keempat butir biji saga itu dibuang malah nggak jelas tumbuhnya, atau malah dibawa kembali ke Jakarta.

Tempat yang dipilih untuk ketemuan adalah resto “Jejamuran” di Beran Lor, Jl Magelang-Jogja yang menyajikan aneka menu jamur (Trims untuk dr. Nury).

(2)

Kupesan menu sate jamur, tongseng jamur, jamur bakar pedas dan jamur goreng tepung, dengan minuman beras kencur. Sate dan tongsengnya sungguh tidak kalah dengan taste sate dan tongseng kambing.

Resto “Jejamuran” merupakan trend setter kuliner perjamuran di Jogja. Pilihan aneka menu jamur disajian sedemikian menarik, dan…woenak tenan. Lebih woenak lagi, karena ternyata saya dibayari oleh sejawat dari sahabat saya itu (Nuwun untuk dr. Sunartono).

(Note: dr. Sunartono, MKes adalah Sekda Kabupaten Sleman, DIY yang baru dilantik)

(3)

Tentang empat butir biji tanaman saga yang dibawa sahabat saya dari Jakarta itu berawal dari saran beliau untuk menanam tanaman herbal saga yang daunnya konon ampuh untuk obat batuk yang rasanya seperti OBH (obat batuk hitam). Beliau menawarkan akan memberi bijinya. Maka kali ini biji itu dibawa serta dalam kunjungannya ke Jogja.

Biji saga ini menarik, butirannya kecil-kecil seperti telur cicak, keras, berwarna merah tua, di satu ujungnya berwarna hitam.

(4)

Pulang dari “Jejamuran” perasaan terasa damai berbunga-bunga. Pertama, puas menikmati aneka menu jamur. Kedua, ada yang mbayarin. Ketiga, membawa empat butir biji saga. Keempat, perjalanan malam terasa lebih damai di bawah pancaran cahaya purnama sidi di malam Waisak.

Bulan penuh sedang bergelayut di atas kepala seperti tahu ada kerinduan di bumi. Kerinduan tentang teladan cinta kasih seperti ajaran Siddharta Gautama yang memancar ke segala penjuru.

Yogyakarta, 16 Mei 2011
Yusuf Iskandar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: