Mengenang Almarhum Prof. Partanto

(1)

Tahun 1985 saya masih mahasiswa kost di Bandung. Dengan semangat 45 saya menulis makalah tentang bentonit dan presentasi di forum Asia-Pacific Mining Conference di Jakarta. Menjadi satu-satunya mahasiswa yang nekat masuk di forum internasional dengan bahasa Inggris pating pecothot dengan mengangkat materi “ndeso” produk tambang rakyat bentonit di Nanggulan, Kulon Progo, DIY.

Seseorang yang sangat berperan dalam penulisan makalah dan presentasi itu adalah Pak Partanto Prodjosoemarto. ‎

(2)

Pak Partanto, dosen senior di Jurusan Tambang ITB itu juga yang kemudian menjadi pembimbing Tugas Akhir saya. Sementara (pada jaman itu) teman-teman lain menyelesaikan konsultasi skripsi hingga “bertahun-tahun”, saya “cukup” enam bulan…

Hari ini (24-Mar-2011), Guru Besar itu, Prof. Ir. RM. Partanto Prodjosoemarto berpulang ke haribaan Sang Khalik (dalam usia 72 tahun). Semoga ibadah pengabdiannya diterima sebaik-baiknya di sisi Allah swt.

“Selamat Jalan, Prof. Partanto..!”.

Dari kiri ke kanan: Ir. Sudarsono, MT., Ir. Dyah Probowati, MT., Alm. Prof. Ir. RM. Partanto Prodjosoemarto, Ir. Yusuf Iskandar dan Prof. Dr. Ir. Ambyo Mangunwidjaja.

(3)

Mestinya hari ini saya ingin ke Bandung memberi penghormatan terakhir kepada sang guru saya alm. Prof. Partanto. Tapi kok ya ndilalah.., sesaat sebelum menerima kabar duka itu, saya telanjur mengkonfirmasi bahwa besok mau terbang ke Tanjung Redep, Berau (Kaltim).

Saya pikir, tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini. Semua pasti ada dalam rencana-Nya…

(By the way, ada yang dapat saya ajak kopi darat di Berau? Maksudnya ngopi di warung, bukan di laut…)

Yogyakarta, 24-25 Maret 2011
Yusuf Iskandar

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

