Gurihnya Ikan Wader

(1)

Ikan wader (di Jabar disebut beunteur, daerah lain punya nama beda), ikan kali ukuran 1-2 jari. Harga agak mahal karena mencarinya tidak mudah. Jarang yang jual mentah. Ada yang dijual sudah matang, tapi coba bandingkan dengan ikan wader yang masih segar lalu digoreng sendiri.

Hmmm.., kress, kriuuk dan gurihnya ngedab-edabi (ruar biasa). Kalau beli yang sudah digoreng biasanya sudah lembek dan hilang krispinya. Lebih nikmat kalau digoreng lagi di rumah.

(Note: Seorang teman bercerita, di Sumsel dan Lampung dikenal dengan nama seluwang. Di Sumbar dikenal dengan nama bilih singkarak)

‎(2)

Untuk mendapatkan wader segar, pagi-pagi habis subuh saya mruput pergi ke depan Kantor Pos pasar Kotagede, Jogja. Di sana ada seorang ibu asal kecamatan Srandakan, Bantul, yang setiap pagi menjual ikan wader dari kali Progo.

Ibu ini biasa memasok warung-warung makan yang sedia menu wader. Harganya Rp 16.000,-/kg (yang matang bisa dua kali lipat). Sang penjual bersedia mbetheti (membuang isi perutnya). Mudah, tinggal pencet, keluar semua isi perut ikan-ikan kecil itu.

‎(3)

Membersihkan wader yang sudah dibetheti juga mudah. Cemplungkan ke ember kecil, diopyok-opyok (tidak usah pakai sabun…), bilas beberapa kali.

Siapkan ketumbar dan garam yang dilumat halus, campurkan, tunggu beberapa waktu biar bumbunya meresap. Lebih baik kalau dibalut tipis dengan larutan tepung encer saja, agar waktu digoreng dagingnya yang memang sedikit itu tidak rontok. Digoreng kering… Uuuuhh, renyah dan gurihnya minta ampyuuuun…

Yogyakata, 21-22 Maret 2011
Yusuf Iskandar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: