Makan Siang Di “Bale Bengong” Jogja

(1)

Makan siang menjelang sore kemarin, di pondok makan “Bale Bengong”, Jl. Solo Km 12,5 (belakang SPBU), Jogja. Menu unggulannya adalah bumbu bale (asam-manis-pedas) dengan pilihan ikan gurame, sayurnya ca kangkung dan pokchoy campur jamur, minumnya kelapa bakar… Woeddan tenan…!

(2)

“Bale Bengong”, berarti juga tempat santai, lokasinya memanjang ke belakang diapit persawahan yang membuat suasana nyaman dan segar.

Arsitektur bangunan bernuansa Bali. Iringan musik Bali tak pernah berhenti dan tak pernah ganti (perasaanku sejak datang hingga pulang iramanya ya begituuu terus…). Tapi tidak disangkal bahwa taste masakannya cocok benar dengan tuntutan lidah dan perut di saat terlambat makan siang.

(3)

Menu unggulan bumbu bale-nya benar-benar mroso (terasa meresap) hingga tekstur dalam daging ikan gurame. Tapi saya jadi berprasangka buruk. Sajian ikan bakarnya cepat sekali. Normalnya, penyiapan ikan bakar butuh waktu 30-40 menit. Tapi siang kemarin terasa cepat amat, jangan-jangan sudah disiapkan ikan “pengganti” yang bukan ikan yang kami pilih sebelumnya.

Ya, maaaaf…, saya terpaksa berprasangka buruk karena otak saya tidak dapat menerima fakta itu…

(4)

Menu minuman kelapa bakar…, adalah kelapa muda yang dibakar, dilengkapi dengan asesori gula putih atau gula jawa, jeruk nipis, madurasa dan jahe (jika kebetulan jahenya belum dikeprek, bisa dikunyah sendiri). Kalau mau, campurkan saja semuanya ke dalam kelapa lalu diaduk.

Khas rasa air kelapanya, khas rasa kenyal daging kelapa mudanya dan khas pula harganya. Sebutir kelapa bakar berharga Rp 17.500,-

Yogyakarta, 18 Januari 2011
Yusuf Iskandar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: