Apa Yang Salah?

Ortu dari tetangga sebelah rumahku yang tinggal di luar kota meninggal dunia empat hari yll. Dan, kami para tetangganya tidak ada yang tahu, bahkan saya satu-satunya tetangga bersebelah rumah pun tidak diberitahu (bagaimanapun juga kalau tidak ada yang memberitahu ya pasti tidak tahu).

Setelah saya konfirmasi, berita itu benar. “Mohon doanya saja”, katanya. Tapi ini bukan soal doa, melainkan: Apa yang salah, sehingga para tetangganya sampai tidak diberi kesempatan untuk memperoleh kebaikan?

(Catatan dari beberapa teman: Setuju dengan pertanyaan “apa yang salah”. Karena apapun yang terjadi sebetulnya adalah merupakan aksi-reaksi, dan kita tidak bisa mengontrol reaksi orang lain kepada kita, yang bisa kita kontrol adalah diri kita sendiri bagaimana agar orang lain bereaksi kepada kita seperti yang kita harapkan.

Kita sering berasumsi bahwa orang lain akan berpikir dengan cara yang sama seperti kita, dan sebaliknya. Itulah maka dalam banyak hal kita perlu berdiri memandang persoalan dari berbagai sudut pandang berbeda. Jadi, everything will be OK hanya jika kita cerdas dan bijak menyikapi dengan tanpa prasangka… God speed!)

Yogyakarta, 19 September 2010
Yusuf Iskandar

Iklan

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: