Resolusi Ramadhan Itu Perlu

(1)

Dalam beberapa kali kultum di awal Ramadhan, saya menggaris-bawahi tentang perlunya membuat Resolusi Ramadhan bagi setiap diri. Untuk urusan bisnis yang belum tentu untungnya dan bahkan urusan duniawi yang tidak jelas ujung-pangkalnya saja kita dengan gagah berani plus sedikit sombong, memancangkan Resolusi setiap tahunnya. Tapi untuk ibadah Ramadhan, bisnis yang digaransi pasti untung dunia wal-akherat, kenapa kita sepertinya ragu-ragu dan tidak berani membuat Resolusi?

(2)

Resolusi Ramadhan bagi setiap diri beriman itu perlu. Agar supaya bulan Ramadhan ini tidak sekedar numpang lewat sebagai bunga-bunganya orang Islam untuk tampil beda, sebulan dalam setahun. Agar supaya isi bulan Ramadhan ini tidak ngona-ngono wae (begita-begitu saja), monoton, klasik, ndeso, tanpa ada nilai tambah atas kebaikannya. Agar supaya di penghujung bulan nanti orang Islam pantas untuk berikrar: “Akulah sang pemenang dan akulah agen perubahan”.

(Kultum : kuliah tujuh menit. Istilah untuk agenda ceramah agama singkat, biasanya dilakukan sebelum sholat tarawih dan sesudah sholat subuh)

Yogyakarta, 14 Agustus 2010
Yusuf Iskandar

Iklan

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: