Ramuan Purwaceng

Ketika di Dieng, saya minum ramuan kopi purwaceng yang konon mampu meningkatkan stamina pria dewasa. Saya datangi pabriknya di Wonosobo. Setelah di Jogja, berhari-hari minum kopi purwaceng kok nggak terasa bedanya, stamina tetap datar-datar saja. Padahal tadinya saya berharap akan menjadi lebih bergairah… untuk mengangkat galon Aqua 19 liter ke atas dispenser.

Pasti ada yang salah nih! Kalau bukan kopinya, ya orang yang minumnya, atau jangan-jangan… galon Aquanya?

***

Saat berkunjung ke pabrik purwaceng, saya tanya si empunya pabrik: “Apa benar khasiat purwaceng seperti yang ditulis ini?”. Jawabnya kira-kira begini: “Banyak orang termsuk saya sudah membuktikannya, tapi setiap orang kan tidak sama, lain-lain kondisinya..”.

Woo, kalau begitu sekarang saya baru ‘ingat’, jangan-jangan saya termasuk orang yang ‘lain kondisinya’ itu. Ah! Kalau begitu nama ‘purwa-ceng’ mau saya usulkan diganti saja. Mungkin jadai ‘purwa-wes-ewes-ewes’ atau…’purwa-purwa-dalam-perahu’

Yogyakarta, 19 Maret 2010
Yusuf Iskandar

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

