Melihat-lihat Tambang Pasir Di Klaten

Sejak siang hingga sore tadi jalan-jalan berkeliling melihat-lihat tambang dan bekas tambang pasir di daerah kecamatan Kemalang, kabupaten Klaten. Tepatnya di seputaran obyek wisata Deles, di kaki timur gunung Merapi. Ada pemandangan menarik kawasan timur kaki gunung Merapi di satu sisi, dan ada pemandangan tidak menarik bekas galian tambang pasir yang tidak tertangani (tidak dilakukan reklamasi) dengan baik.

Tambangnya sendiri sebenarnya merupakan kegiatan penggalian mineral industri yang umum dilakukan di kawasan potensial endapan pasir yang hasil galian pasirnya banyak dibutuhkan oleh berbagai sektor pembangunan. Namun terkadang sistem penambangannya tidak ditangani dengan sebagaimana mestinya sehingga terlihat acak-acakan. Biasanya hal itu banyak dilakukan oleh para penambang liar. Menjadi tugas berat bagi pemerintah untuk mengawasi dan mengelola sistem penambangan yang dapat berakibat pada kurang terkendalinya aktifitas penambangan yang cenderung merusak lingkungan. Padahal pada beberapa lokasi yang sistem penambangannya ditangani dengan baik hingga tahap rekamasinya, lahan bekas tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung sektor pertanian agar lebih produktif.

Para professional yang bergelut di sektor penambangan dituntut untuk berperan serta menata sistem penambangan yang demikian itu.

Yogyakarta, 11 Juni 2009
Yusuf Iskandar

IMG_2647_r

Salah satu aktifitas penambangan pasir

Bekas tambang sedang dilakukan reklamasi

Bekas tambang sedang dilakukan reklamasi

Bekas tambang yang sudah direklamasi, lalu diolah dan ditanami

Bekas tambang yang sudah direklamasi dan ditanami

Iklan

Tag: , , , ,

3 Tanggapan to “Melihat-lihat Tambang Pasir Di Klaten”

  1. Bossqman Says:

    silahkan bergabung di Web Rakyat merapi bukan kang yusuf saja yang prihatin , warga banyak yang prihatin tetapi tidak berani melawan Preman,..hhhh

  2. Ika Says:

    saya juga warga Klaten, tp mang didaerah selatan, jd ga terlalu paham dengan wilayah utara termasuk Kemalang. Saya mau tnya, penambangan itu sampai sekarang msih jalan ga sih???? Trus yg dimksud penambang liar tu semacam perusahaan yang tidak mendapatkan ijin menambang atau warga masyarakat sekitar yang menggali secara tradisional???
    Tolng jawabannya ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: