Catatan Dari Pemilu Amerika 2000 : George Bush atau Al Gore? (25)

New Orleans, 29 Nopember 2000 – 22:00 CST (30 Nopember 2000 – 11:00 WIB)

Sebagian dari perkembangan terakhir proses peradilan pemilu Florida adalah bahwa permintaan Al Gore agar segera dilakukan penghitungan atas kartu suara yang dipermasalahkan ditolak oleh hakim pengadilan Leon County Circuit. Ada sekitar 10.750 kartu suara yang dipermasalahkan dari kabupaten Miami-Dade dan 3.300 suara dari kabupaten Palm Beach.

Sebagai gantinya hakim memerintahkan agar semua kartu suara dari Miami-Dade dan Palm Beach dikirim ke ibukota Florida, Tallahassee, sebagai bukti untuk proses peradilan di tingkat Mahkamah Agung yang akan mulai digelar hari Sabtu nanti.

Padahal jumlah seluruh kartu suara dari kedua kabupaten itu ada lebih dari 1,1 juta kartu suara. Maka besok pagi semua kartu suara itu akan diangkut dengan truk berkonvoi menuju kota Tallahassee. Konvoi truck yang dikawal mobil polisi lengkap dengan Tim Special Response akan menempuh jarak lebih dari 750 km dan diperkirakan akan memakan waktu 8 jam perjalanan. Selanjutnya kita tunggu saja apa yang akan diputuskan Mahkamah Agung Florida atas tuntutan Al Gore itu yang pasti prosesnya akan memakan waktu beberapa hari.

Sementara George Bush yang sudah sangat yakin bahwa dirinya yang telah dinyatakan menang di Florida dan karena itu berhak menjadi presiden terpilih Amerika ke-43, segera akan membuka kantor sementara di dekat Washington DC dalam rangka masa transisi pekerjaan kepresidenan.

Meskipun ada banyak proses peradilan yang sedang berjalan, sejauh ini tetap dijadwalkan bahwa pada tanggal 12 Desember adalah hari penunjukan anggota Electoral College yang jumlahnya di setiap negara bagian sebanyak jatah suara (electoral vote) masing-masing. Sebagai contoh negara bagian Florida yang mempunyai jatah suara (electoral vote) 25, maka akan memilih 25 orang anggota Electoral College dari Partai yang menang.

Selanjutnya pada tanggal 18 Desember, semua anggota Electoral College akan bertemu di wilayah negara bagian masing-masing untuk melakukan pemungutan suara atas siapa yang akan menjadi Presiden. Agaknya forum ini lebih merupakan formalitas atas hasil pemilu yang sudah dicapai.

Sebagai contoh, di negara bagian Louisiaana misalnya yang mempunyai jatah suara 9 dan dimenangkan oleh Partai Republik, maka akan dipilih 9 orang anggota Electoral College dari unsur Partai Republik. Kesembilan orang tersebut tentunya akan memilih George Bush sebagai presiden. Kecuali, jika ternyata ada anggota yang tiba-tiba mbalelo memilih Gore. Itu artinya pihak Partai Republik telah salah pilih orang.

Dengan demikian maka secara nasional hasil pemungutan suara dari semua Electoral College akan sama dengan jumlah jatah suara (electoral vote) yang sekarang telah dimenangkan oleh masing-masing Partai. Jadi kalau sekarang ini sudah diketahui bahwa Bush memperoleh 271 jatah suara, maka secara teoritis nantinya Bush juga akan memperoleh suara 271 dari hasil pemungutan suara Electoral College. Hasil inilah yang selanjutnya akan dibawa ke sidang Senat dan DPR pada tanggal 6 Januari untuk disahkan.

Bagaimana jika hingga tanggal 18 Desember nanti semua proses peradilan pemilu ini tak kunjung tuntas? Inilah yang sejauh ini saya belum tahu, lalu akan bagaimana status dari 25 jatah suara Florida yang hari Minggu yll. telah disahkan menjadi haknya Bush dan kini dipersengketakan oleh pihak Gore. Padahal 25 jatah suara itu akan menjadi kunci kemenangan bagi kedua belah pihak.-

Yusuf Iskandar

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: