Catatan Dari Pemilu Amerika 2000 : George Bush atau Al Gore? (20)

New Orleans, 21 Nopember 2000  23:15 CST (22 Nopember 2000 – 12:15 WIB)

Ada breaking news. Baru saja malam ini Mahkamah Agung Florida membuat keputusan bahwa penghitungan ulang yang kini sedang berlangsung di tiga kabupaten bahkan di seluruh Florida dapat diterima dan disetujui untuk disahkan. Dan memerintahkan kepada Sekwilda Florida yang adalah ketua panitia pemilu harus memasukkan hasil penghitungan ulang tersebut ke dalam hasil akhir penghitungan suara Florida.

Tentu ini adalah kemenangan bagi Gore, karena ketiga kabupaten yang sedang menghitung ulang suaranya itu adalah basis pendukung Partai Demokrat. “Demokrasi yang jadi pemenangnya malam ini”, kata Gore. Tentu ini adalah kata-kata retorika atas rasa gembiranya bahwa tuntutan untuk menghitung ulang ternyata disetujui oleh mahkamah Agung. Sebaliknya, kubu Bush protes keras. “It’s unfair”, kata James Baker, juru bicara Bush. Kata-kata ini merujuk kepada keputusan Mahkamah Agung yang menurutnya telah merubah aturan main di saat pertandingan sedang berlangsung.

Mahkamah Agung Florida memberi batas waktu bagi penyelesaian penghitungan ulang kartu suara hingga hari Minggu jam 5 sore (Senin pagi WIB), jika kantor panitia pemilu Florida masih buka. Jika tidak, maka batas akhirnya adalah hari Senin pagi (Senin sore WIB). Dengan demikian, para tukang hitung suara ini pasti tidak jadi liburan Thanksgiving dan akhir pekan karena harus mengejar tenggat waktu penyelesaian penghitungan ulang.

Hasil sementara yang dilansir oleh Badan Pengawas Pemilu Florida, hasil penghitungan ulang suara hingga malam ini telah menunjukkan adanya penambahan angka bagi Gore sebanyak 278 suara. Masih cukup jauh untuk menutup 930 suara yang dimiliki Bush.

Yusuf Iskandar

Iklan

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: