Tiada Dulang Wajan Pun Berguna

Mengais-ngais endapan pasir di sepanjang alur sungai di bukit Ungabo, Sentani Timur, Papua. Berharap ada butir-butir emas yang dapat ditemukan. Para pendulang emas pun berdatangan dari mana-mana. Tidak saja penduduk asli setempat, melainkan juga dari Sulawesi Utara.

Mendulang emas, adalah aktivitas mereka selama berhari-hari meninggalkan rumah dan tinggal di hutan. Kalaupun barang beberapa gram butir emas mereka dapatkan, maka itulah karunia Yang Kuasa yang mereka harapkan.

Peralatan mereka sangatlah sederhana. Yang utama adalah dulang (pan) yang terbuat dari kayu. Tapi kalaupun terpaksa tidak ada dulang dimiliki, maka wajan (yang telinganya patah satu) pun berguna.

(Foto diambil pada tanggal 23 Juni 2008, sekitar jam 14:00 WIT — Yusuf Iskandar)

Tag: , , , , ,

6 Tanggapan to “Tiada Dulang Wajan Pun Berguna”

  1. en_me Says:

    ujan emas dinegeri orang, ujan batu dinegeri sendiri, baik lagi negeri sendiri..
    wajan itu ‘kuali’ kan? salam pak yusuf..

  2. madurejo Says:

    Agak berbeda dengan kuali. Wajan untuk menggoreng (biasanya terbuat dari metal), sedang kuali untuk memasak sayur (biasanya terbuat dari gerabah/tanah). Salam.

  3. en_me Says:

    tapi di malaysia, kami memanggilnya kuali (yg metal) juga.. persis seperti gambar diatas.. yg memasak/merebus sayur, kami memanggilnya ‘periuk’ atau ‘kendil’ bahasa jawa nya.. benar kan pak?

  4. madurejo Says:

    Exactly right. Salam.

  5. Ade Indra Says:

    Pak , saya jadi ingat bagaimana sulitnya mencapai titik lokasi pertambangan rakyat di Selatan Bandung tepatnya di Lembah Cibaliung, batu gunung yg begitu kokoh dapat ditembus sedikit demi sedikit dgn peralatan yg sangat sederhana,medan yg berat tdk memutuskan semangat mereka untuk berkarya.Suatu pelajaran berharga untuk kita renungkan bersama. Ade Indra 08122028671

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: