Sehari Tanpa Udut (1)

Besok, Sabtu tanggal 31 Mei 2003, adalah Hari Tanpa Rokok Sedunia (World No Tobacco Day). Majelis Kesehatan Dunia (World Health Assembly), sebuah badan di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization), telah menetapkan bahwa pada akhir setiap bulan Mei setiap tahunnya dihimbau kepada masyarakat dunia untuk stop udut (berhenti merokok) selama sehari. Tema global yang dikumandangkan diantaranya tempat kerja yang bebas dari rokok, tumbuh dan berkembang tanpa rokok, media dan rokok.

Niat WHO ini sebenarnya sangat mulia, memberi dukungan kepada para perokok yang ingin berhenti merokok dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok atau dampaknya terhadap kesehatan. Karena itu, para perokok dihimbau agar mensukseskan Hari Tanpa Rokok Sedunia, dengan cara TIDAK MEROKOK pada tanggal 31 Mei 2003. Sehari saja, dalam 365 hari. Atau, hanya 1/365 tahun. Tapi jangan tanya kepada para perokok, sehari tanpa udut, bukan main kecut-nya…….

Pariwaranya memang menyeramkan : 3,5 juta orang per tahun di dunia meninggal karena rokok, atau gampangnya setiap hari 10,000 orang di dunia meninggal karena rokok. Di Inggris, 120 ribu orang meninggal setiap tahun karena rokok. Di Amerika, 346 ribu orang meninggal setiap tahun karena rokok. Di Indonesia, “hanya” 57 ribu yang setiap tahun meninggal karena rokok. Lho, kok sedikit sekali? Padahal jumlah penduduknya saja sedikit di bawah Amerika dan peredaran komoditas hisap-menghisap ini luar biasa bebasnya, nyaris tanpa kendali, dibanding di negara-negara maju.

Peraturan untuk maksud pengendalian sebenarnya sudah ada, yaitu PP No. 81 tahun 1999, tentang pengamanan rokok bagi kesehatan. Tapi, ya peraturan tetap saja peraturan. Pelaksanaan dari peraturan itu bisa jadi ceritera yang berbeda. Menurut Komite Nasional Penanggulangan Masalah Merokok (KNPMM), pemerintah tidak tegas dalam pelaksanaannya. Saking gemasnya, KNPMM pada tahun 2000 melemparkan sinyalirnya bahwa sekitar 85 juta penduduk Indonesia berusia remaja saat ini akan menjadi perokok berat dan 12 sampai 13 juta diantaranya akan tutup usaia dalam usia setengah baya. Nah, lu….

Para “ahli-hisap” ini kini dihadapkan dengan fakta yang menyatakan bahwa dari jumlah 1000 orang, 1 (satu) orang meninggal karena pembunuhan, 6 (enam) orang meninggal karena kecelakaan dan 250 orang meninggal karena rokok (termasuk tentunya hal-hal yang ada sangkut pautnya dengan aktifitas merokok). Dengan kata lain, ada angka statistik yang cukup menakutkan : 3 dari 10 orang meninggal karena rokok.

Seorang rekan bertanya kepada saya : “Piye, Mas…?”.

Maka sambil cengengesan saya berkomentar : “7 dari 10 orang meninggal karena tidak merokok……!”

Bagaimanapun juga, sejujurnya harus saya katakan, bahwa tidak merokok itu lebih baik dari pada merokok, kalau mau. Lha, kalau tidak mau? Resiko ancaman kesehatan serius menanti Sampeyan semua para “ahli-hisap”, cepat atau lambat.

Maka — Insya Allah — saya berniat memenuhi ajakan simpatik kali ini : “Jadikan tanggal 31 Mei sebagai hari pertama dalam hidup Anda tanpa asap rokok”. Indah sekali!.

Tembagapura, 30 Mei 2003.
Yusuf Iskandar

(Yang merasa menyesal minggu lalu menipu dokter dengan mengatakan sehari hanya menghisap 5 batang rokok, padahal sebenarnya menghabiskan hampir satu pak).-

Tag: , , , , ,

2 Tanggapan to “Sehari Tanpa Udut (1)”

  1. onnosz Says:

    hidup Hari tanpa Rokok.

    kalo saya berharap, gak cuma hari, tapi selamanya. tapi bisa gak ya, Pak??

    bangun tidur aja yang saya cari kopi trus rokok.
    susah emang kalo gak ada keinginan kuat untuk berhenti..

  2. Kang Ivo Says:

    Ada satu ide yang mungkin bisa jadi solusi bagi perokok pasif dan aktif. Yaitu rokok yang menyehatkan dan bisa menyembuhkan penyakit. Bisa diklik nama saya … mudah-mudahan … hatur nuhun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: