Catatan Dari MassMin 2000 – Brisbane (4)

Brisbane, 1 Nopember 2000 – jam 7:50 (4:50 WIB)

Meskipun saya tidak bertemu dengan banyak delegasi dari Indonesia dalam MassMin 2000 ini, tapi paling tidak saya ketemu dua orang rekan kerja yang datang dari Tembagapura, seorang alumni ITB yang lulus S2 dari Colorado School of Mines dan seorang lagi adik kelas di Tambang UPN, Mas Rudy Poedjono. Selain itu saya juga ketemu dua orang mahasiswa yang sedang melanjutkan kuliah di UQ (University of Queensland), keduanya lulusan Tambang ITB, seorang mengambil S2 bidang Ventilasi dan seorang lagi dosen ITB yang sedang menyelesaikan S3 bidang Rock Mechanics.

Forum-forum semacam ini memang menjadi forum menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang sering tidak dilewatkan oleh para mahasiswa. Paling tidak, karena status student mereka memungkinkan untuk hadir dengan biaya yang lebih murah.

Saya agak kurang tahu apakah mahasiswa di Indonesia juga sering memanfaatkan forum-forum semacam ini. Tetapi saya punya pengalaman sewaktu kuliah dulu sempat beberapa kali memanfaatkan forum-forum pertemuan nasional dan internasional di Jakarta dengan status saya sebagai student. Terkadang berstatus student dalam periode yang cukup luuuamaaaa juga ada manfaatnya.

Jika di Jakarta ada pertemuan atau konferensi yang diselenggarakan oleh IMA (Indonesian Mining Association) dan saya berminat hadir, maka segera dengan berbagai cara akan saya hubungi Panitia guna memperoleh harga khusus, jika perlu saya melakukan lobby bagaimana agar bisa gratis. Untuk itu saya menggunakan sarana melalui surat-menyurat, tilpun atau fax. Perlu biaya? Ya pasti. Hanya perlu diketahui bahwa tidak harus beruang saku banyak untuk melakukan semua itu. Sekedar mengikuti pepatah : Banyak jalan (halal) menuju Roma.

Waktu itu email masih menjadi sesuatu yang baru dan belum memasyarakat seperti sekarang. Mestinya komunikasi semacam itu sekarang pasti lebih mudah. Sebagaimana yang sering terjadi di Amerika, seringkali semangat seperti ini dihargai oleh pihak Panitia. Nyatanya, saya bisa mendapatkan keringanan biaya. Ya…, saya sadar bahwa tidak ada added value yang tanpa pengorbanan biaya, karena itu adanya keringanan biaya sudah cukup membantu.

***

Agenda MassMin 2000 hari ketiga ini akan lebih banyak membicarakan makalah-makalah lebih teknis. Dari jadwal acaranya saya melihat bahwa hari ini konferensi akan dibagi menjadi dua bagian yang pertemuannya berjalan parallel. Satu rangkaian sesi akan memfokuskan pada topik-topik yang berkaitan dengan metoda penambangan bawah tanah caving methods dan satu rangkaian sesi lainnya membahas stoping methods.

Pagi ini saya sudah mulai memilih dan memilah topik-topik mana saja yang sekiranya menarik diikuti, menarik menurut kriteria saya. Sehingga saya sudah merencanakan kapan harus berpindah dari satu ruangan untuk ke ruangan yang lain. Juga kapan saya bisa tidak berada di kedua ruangan itu, alias ngobrol-ngobrol dengan kolega di luar arena sidang sambil menghisap rokok, atau ngobrol-ngobrol dengan para pedagang di arena eksibisi.

Eh, sudah menjelang jam 8:00 pagi, saya mau berangkat dulu menuju ke arena konferensi. Ooops….., saya lihat di BBC World berita tentang pesawat Singapore Airlines yang kecelakaan di Taiwan.

Yusuf Iskandar

Iklan

Tag: , , , , , ,

2 Tanggapan to “Catatan Dari MassMin 2000 – Brisbane (4)”

  1. Bekti Setiyarto Says:

    Setelah saya ingat2 kembali nama Bapak Yusuf Iskandar saya jadi ingat kalau Beliau ini pembimbing saya waktu KP th 1994. Dulu saya sering amat-amati laporan KP saya yang di tandatangani oleh beliau dengan rasa salut. Apa kabar Pak Yusuf Iskandar, mungkin bapak tdk ingat saya karena KP saya hanya sebentar 1,5 bulan saja, tapi saya tidak berkecil hati. Karena saya selalu ingat apa yang bapak ajarkan kepada saya

    Salam Sejahtera selalu

  2. madurejo Says:

    Terima kasih, mas Bekti. Harap dimaafkan kalau saya lupa. Namun saya bersyukur kalau Anda masih mengingatnya, agar kalau suatu saat nanti kita ketemu di jalan, salah satu ada yang mengingatkan. Semoga kesuksesan menyertai karya Anda. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: