Membuat Filter Air Kolam Koi

(1)

Seminggu ini kolam ikan di belakang rumah airnya selalu jernih. Jernih sekali. Tidak perlu lagi dikuras untuk diganti airnya. Ikan koi dan komet pun tak lagi lunglai lalu mati. Ini berkat sistem filter yang sedang saya uji coba. Ini bukan hal baru. Hanya saja selama ini belum pernah saya coba terapkan karena terlalu yakin bahwa air sumur sudah cukup bagus untuk ikan apa saja. Maka yang saya lakukan sekarang cukup dengan membersihkan filternya ketika mulai kotor.

(2)

Filter yang saya gunakan sangat sederhana. Air kolam dipompa ke ember berisi media penyaring dan airnya kembali ke kolam. Saya manfaatkan ember bocor, lalu saya rapikan bocorannya. Ini tidak mudah, jauh lebih mudah membuat bocoran baru daripada memperbaiki kebocoran yang ada (kalau tidak percaya coba saja tanya KPK). Isi dasar ember dengan ijuk, lalu batu ziolit, arang dan filter mat paling atas. Hasilnya cukup memuaskan. Sekedar ingin sharing…

Yogyakarta, 5 Juni 2011
Yusuf Iskandar

2 Tanggapan to “Membuat Filter Air Kolam Koi”

  1. scorpio rider 225 Says:

    opo iki ora lengkap

  2. Verlene Says:

    I actually was initially browsing for plans for my own web site and found your own article,
    “Membuat Filter Air Kolam Koi « Catatan Perjalanan Yusuf Iskandar”, would you care in the event
    I employ several of your own points? Thx -Flor

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

