Mengunjungi (Bakal) Tambang Emas Martabe

IMG00054-20091109-1516IMG00055-20091109-1516IMG00057-20091109-1518IMG00062-20091109-1520

Mengunjungi ‘bakal’ tambang terbuka emas PT Agincourt Resource (PTAR) Martabe di Desa Aek Pining, Kecamatan Batangtoru, kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut. Direncanakan akan mulai produksi pada tahun 2010.

(Keadaan tambang Martabe pada saat ini masih dalam tahap persiapan dan konstruksi)

IMG00046-20091109-1456

Siap-siap naik heli untuk berkeliling ke lokasi tambang

IMG00050-20091109-1500

‘Fly over’ dengan heli ke lokasi tambang emas Martabe, Sumut

IMG00073-20091109-1548

Secangkir kopi Gayo, waktu hujan sore-sore di Martabe

(Wilayah tambang Martabe memang sering hujan. Mengisi waktu istirahat sambil bercengkerama di lobby kantor sambil menyeruput kopi Gayo atau kopi Sipirok, sungguh nikmat……)

IMG00081-20091109-2017IMG00082-20091109-2020

Nikmatnya durian Batangtoru yang langsung jatuh dari pohon. Wuih…..

(Wilayah Batangtoru terkenal dengan hasil duriannya. Meski musim buah durian sudah lewat, namun masih ada sisa-sisa pohon yang masih berbuah. Dan malam ini sekeranjang durian berhasil disantap beramai-ramai bersama teman-teman karyawan tambang Martabe…. Sampai mblenger…..)

Batangtoru – Tapanuli Selatan, 9 Nopember 2009
Yusuf Iskandar

Tag: , , , , , ,

61 Tanggapan to “Mengunjungi (Bakal) Tambang Emas Martabe”

  1. partano Says:

    izin Copast pak

  2. Aditya Says:

    Menarik melihat perkembangan dr tambang emas di Batangtoru ini pak. Mulai lagi menunjukkan eksistensinya stlh beberapa kali ganti pemilik.
    Tapi tulisannya kok sedikit ya pak? Jika dibanding tulisan lain.. padahal jarang dibahas mengenai hal ini di media masa /internet..

  3. Aditya Says:

    semoga pak Yusuf..
    saya sgt menikmati tulisan2 pak yusuf dlm blog ini, byk informasi yg sy dapatkan. sampai saat ini msh asik sy baca.

  4. jonny pakpahan Says:

    Salam pak. Tgl 7-12-2009 kmrn sy bersm dgn seorng tmn memasukkn lamaran ke PTAR MARTABE. Sy sgt ingin bekerja disini pak. Tp sy ga tau ap bs diterima at tdk pak. Namun sy sgt ingin skli bs bekerja di perusahaan ini pak. krn klo sy dgr dr kt org ttg bgmn cr kerjanya, sy jd sgt tertantang n sgt ingin bkrj disni. krn sy sgt suka yg namanya kerja dialam yg penuh dgn tantangan. spt mengebor at yg lainnya. Tp kata org kita hrs punya org dalam spy kita mudah masuk. Sy ga punya siapa2 pak. Namun sy punya Tuhan yg sy yakini. Hanya kepd-Nya sy berhrp pak. Doakan sy pak. sy dr sidempuan. Thx bnyk pak..!

    • madurejo Says:

      Pak Jonny,
      Sy ke Martabe memang hanya sbg tamu. Semoga niat dan semangat Anda akan terwujud. Saya bantu dengan doa (insya Allah). Seperti kata Anda juga, Tuhan pasti akan membantu. Jangan biarkan semangat itu padam. Sukses selalu pak. Terima kasih & salam.

  5. zoemvanjava Says:

    beberapa tahun yang lalu ‘martabe’ menunjukkan kepedulian thdp pendidikan di batangtoru, gmna selanjutnya? Semoga…

  6. nazaruddin harahap Says:

    Yth< Bos Yusuf Iskandar, saya adalah salah satu penambang emas di sulawesi dan kalimantan. Apakah kira-kira PT. Agincourt ini bisa membuat kita sebagai penduduk yang berasal dari Tap-sel sebagai mitra usaha untuk menambang emas disana dengan prinsip saling menguntungkan

    • madurejo Says:

      Pak Harahap,
      Seharusnya bisa, karena peraturan pemerintah mewajibkan kontraktor penambangan harus menggandeng mitra lokal. Coba saja Bapak cari info ke pemerintah setempat untuk mencari tahu sekaligus peluang bergabung sebagai mitra lokal. Pemerintah sekarang ini (dlm hal ini Dept. ESDM) sangat perduli dg keberadaan mitra lokal. Semoga berhasil, pak. Kalau bapak berkenan, tolong saya dikirimi Company Profile Bapak, siapa tahu ada peluang kerjasama di kesempatan lain. Terima kasih & salam.

  7. H.Sofyan Tsauri Says:

    salaamun’alaika;
    punten pak, saya cari alamat dan no telp nya head office jakarta ataupun no telp office medan, belum ketemu. saya perlu untuk mengkonfirmasi info yf sy trima. apa bapak bisa bantu ?

    • madurejo Says:

      Yth. Bp. Sofyan. Saya sendiri tidak memiliki info lengkap tentang itu. Kunjungan saya waktu itu atas ajakan seorang rekan. Tapi coba “search” di Google, barangkai dapat ditemukan di bawah kata kunci “tambang martabe”. Semoga berhasil pak… Slm.

  8. satria Says:

    Pak, apakah saya bisa japri komunikasi dengan bapak, karena saya akan ada proyek disana, dan saya butuh informasi mengenai keadaan disana?

    terimakasih banyak

    • madurejo Says:

      Pak Satria,
      Maaf saya tidak punya hubungan apapun dengan proyek Martabe. Kedatangan saya ke sana hanyalah sbg tamu/pengunjung, sehingga saya tidak memiliki info detil ttg proyek tsb. Walau demikian, silakan saja kalau mau kontak saya japri. Slm

  9. Lamhot Says:

    Dengan adanya informasi Gold mining di Martebe Sumutra Utara, jadi teringat tempat kelahiran saya. Project ini sudah lama informasinya dan syukurlah bisa berjalan tahap demi tahap. Saya jadi ingin joint dan ambil bagian untuk bekerja disana jika memang perusahaan tempat saya bekerja sekarang (Fluidcon & Atlas Copco) mengirim saya dan saya sangat bersedia, maupun dari PTAR jika membutuhkan dan saya siap unutk bersaing dengan candidat yg lain. walaupun melalui proses yg cukup menyita waktu nantinya.

  10. ZULFHAN THACHIR HRP Says:

    Ass..wr..wb..
    Pak…. saya seorang tamatan Sarjana Pertambangan di ITM dan saya membutuhkan pekerjaan maksudnya bantu saya agar bisa bergabung di PTAR MARTABE dan saya akan kirim lamaran dan CV serta file lainnya kepada Bapak. Sayang rasanya ilmu yang saya dapat tidak dicurahkan ke dunia pertambangan tapi dengan semangat dan kerja keras yang tak pernah padam membuat hati selalu terhibur bahwa saya bisa, jadi saya mohon semoga Bapak bisa membantu saya, atas perhatian dari Bapak saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam
    Zulfhan Thachir Harahap

    • madurejo Says:

      Pak Zulfhan,
      Saya menghargai niat baik Anda. Namun perlu diketahui bahwa kunjungan saya ke PTAR sebenarnya hanya sebagai tamu, dan saya tidak memiliki hubungan apapun dengan perush. tsb. Oleh karena itu, mohon maaf menyesal sekali saya tidak dapat membantu Anda. Saya ingin menyarankan, coba saja cari informasi alamat kantor PTAR kemudian kirimkan aplikasi Anda angsung ke sana, syukur2 kalau Anda bisa ketemu langsung dengan Bagian HRD-nya. Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga berhasil. Salam.

  11. zulhaq Says:

    Saya masih mempertimbangkan, akan jadi kesana atau enggak :)

  12. kiki Says:

    produk caterpillar akan menguasai martabe..
    doain aku bakal kadi teknisinya..
    ^^

  13. khairuddin sitompul Says:

    perusahaan yg mengelola tambang emas di batang toru harus mempunyai menagement yg bagus, jgn asal recrut employ yg non skill yg dapat brakibat fatal terthadap produksi dan visi misi perusahaan nd pemerintah daerah………….thanks……..

  14. chandra bronson simanjuntak Says:

    pak tolong dipelihara kekayaan alam indonesia kita ini. dengan adanya tambang emas di Kota Sibolga jangan nantinya akan membuat masyarakat khususnya di Sibolga jadi resah

  15. ezer Says:

    alamat lengkap martabe, jika memamsukkan lamaran ke HRD-nya kemana pak..!!

    Thanks ats infonya

  16. victor Says:

    Pak.mengenai masyarakat di wilayah tsb apakah memungkinkan dibuatnya lokasi tambang emas? karena project ini sudah lama direncanakan tapi belum produksi juga sampai sekarang? saya siap membantu…

    • Yusuf Iskandar Says:

      Pak Victor,
      Secara teknis memungkinkan, tapi secara non teknis (sosial kemasyarakatan) saya tidak memahami karena memang belum pernah melakukan kajian sejauh itu. Coba saja dikontak langsung ke perusahaannya pak. slm

  17. metrich sipahutar Says:

    salam,..
    Saya lama nyari alamt PT. Martabe yang bisa dikirimi surat lamaran. Tapi ga dapat sampai sekarang. Mungkin teman2 ada yang tau alamatnya, tlng dibagi alamtnya ya.

  18. hendri Says:

    Bpk sebagai tamu tetapi masih ada org yang bertanya tentang bagaimana dapat pekerjaan disana.saya sangat respect bapak menjawab pertanyaan rekan2 seperti itu.
    Project Martabe sendiri dimulai pada 2008 dimana waktu itu saya sebagai salah satu karyawan kontraktor pertama yang memulai pekerjaan konstruksi infrastruktur tersebut.ketika melihat lagi photo2 di blog bapak saya teringat pertama kali mengijakan kaki di aek pining sampai dgn terakhir saya meninggalkan Martabe project bulan mei 2011.

  19. iwan Says:

    pak yusuf, selamat malam. saya sangat ingin membaca lebih banyak tentang MARTABE,saya orang sumatra juga..kerja di tambang juga. kalau boleh saya tahu pak yusuf staf tambang di martabe?
    Kirim email ya…
    salam
    Nasirwan
    08113949585

    • Yusuf Iskandar Says:

      Pak Iwan,
      Saya bukan staf perush tsb, juga tidak punya hubungan apapun dengan tambang tsb. Kunjungan saya waktu itu hanya sebagai tamu. Jadi sayang sekali saya tidak bisa banyak membantu info detailnya. Slm kembali.

  20. Sihar Sihite Says:

    Apabila anda membutuhkan photo-photo kegiatan bongkar barang-barang keperluan pertambangan PT AR Martabe melalui Pelabuhan Umum yang diusahakan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Sibolga silakan unduh dan add di facebook saya bintangsihite. Anda akan mendapatkan gambar terkini….

  21. Nimrod Siregar Says:

    Yang pasti perbandingan karyawan lokal dan pendatang harus baik,..jgn sampai penddk st4 hanya ketiban yang tidak enaknya saja,…..ps juga harus merasakan adanya perubahan dgn dibukanya tambang ini, baik itu dari segi usaha, pekerjaan baru dllnya,…….Ndak harus di demo dulu baru mata terbuka atau pura 2 tidak tahu………

  22. reynold Says:

    Batang toru! saya lebih tertarik dengan duriannya bukan emas y n cucu kita tdak akan menikmati keduanya seblum tlambat atau sudah ter lambat tolong di pikirkan lagi!!!

  23. Elly kristhon napitupulu. Says:

    Horas.
    Saya sedang bekerja d New mon Nusa Tenggara (NNT batu hijau).
    NTB.
    Baru setengah tahun sih.
    Posisi saya d pt.nnt sebagai tool kepper d tool room y mecanik n welder y shovel n drill.
    Persisnya saya kerja d subcon y pt.trakindo.
    Saya mau tanya,bagai mana perkembangan konstruksi y.
    Saya berkeinginan bekerja d martabe.
    Tolong informasinya.
    Terimakasih.

    • Yusuf Iskandar Says:

      Maaf sekali, pak Napitupulu. Saya bukan bagian dari perusahaan tsb. melainkan hanya tamu yang berkunjung. Silakan search di Google mungkin lebih banyak info ada di sana. Terima kasih dan semoga sukses. Salam…

  24. M.Nurudin Says:

    Salam sejahtera.
    saya ex freeport ingin sekali bergabung di PT AR Martabe namun saya mengalami kendala untuk menghubungi siapa dan dimana alamat nya yang di jakarta karena sesuai dengan pengalaman kerja saya di freeport papua.
    terimakasih sebelumnya

  25. Darius Letardo Siagian Says:

    mau ikutan join kerja dong

  26. ag Says:

    saya ingin bergabun Dgn PT AR.
    mohon bantuan Untuk info selengkapnya.terimakasi

  27. ag Says:

    saya lulusan PT UNITED TRACTORS thun 2010,dan sampai skarang saya masih bekerja.di salah satu pertambangan Batu bara,milik DELTA.saya biasa menangani unit.ADT 740 & 777,HD 785-7.PC 200-8,DM45,GD 825,D155 & 375.mohon di pertimbangkan.karna saya ingin bergabung dgn PTAR.martabe.trimakasi.

    • Yusuf Iskandar Says:

      Pak Gunawan, mohon maaf saya bukan bagian dari perusahaan tsb. Sebaiknya Anda coba search di Google untuk memperoleh info lebih banyak. Semoga niat Anda dapat terwujud. Salam sukses.

  28. erwin Says:

    saya erwin ingin bekerja sama dengan PT. AR dibidang pengangkutan atau menyewakan kendaraan tipe 4X4,mohon bantuan cara atau mekanisme kerja sama dengan PT. AR
    terimakasih.

  29. ronaldo Says:

    Kalau dari Medan ke Martabe lewat jalan darat atau jalur udara naik apa pak ? mohon sarannya.

  30. Nimrod Kostner Siregar Says:

    Buat management PT.AR ada baiknya melihat dari areal tambang lain di indonesia contoh Newmont Nusa Tenggra, dimna para kontraktor yang bermain disana juga diwajibkan / (Mksdnya persentasenya ) memakai tenaga lokal (Daerah SUMUT lainnya) , sehingga semua boleh merasakan adanya perubahan ekonomi dengan adanya tambang di sana……….Jangan sampai semua karyawan kontraktor yang dapat tender disana berasal dari luar Sumut……Hal ini juga penting diperhatikan………, Botima Horas

  31. iqbal Says:

    Pak Bisa Kirimkan Email PT. AR MARTABE

  32. 220272ai Says:

    susah cari alamt dan tlp kantor martabe sumut

  33. 220272ai Says:

    susah sekali mencari alamat pt ar martabe untuk masukan cv by asep eks hase nnt

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

